0

Percaya

PERCAYA

Satu kata, tiga suku kata, tujuh huruf, empat konsonan dan tiga vokal, mampu mengubah segalanya, begitu kata orang-orang. Aku kira aku telah menggunakan kata ini dengan benar. Tapi mengapa masih tidak benar? Mengapa orang-orang yang aku percayai justru mengkhianatiku? Apakah ada yang salah dengan ke-percaya-an yang aku gunakan pada orang lain?

Jika kau percaya, kau akan kuat. Lagi, kata percaya juga digunakan di nasehat ini. Aku mencoba percaya pada diriku sendiri, namun bukan kekuatan yang aku dapatkan. Tapi justru kelemahan yang terus muncul. Apakah ada yang salah dengan ke-percaya-an yang aku gunukan pada diriku sendiri?

Semuanya akan mungkin, jika kau percaya. Lagi dan lagi, seolah kata ini memang harus digunakan ditiap nasehat. Aku lelah dengan kata ini. Semua yang aku percayai justru membuatku makin tidak percaya (kecuali Tuhan dan agama). Seseorang tolong beritahu aku lebih lanjut tentang percaya. Apakah ke-percaya-an ku kurang selama ini?